Site Overlay

Apa itu Kanker Usus Besar dan Apakah Berbahaya?

Kolonoskopi adalah salah satu cara utama dokter mendiagnosis dan mengobati kanker kolorektal.

Apa itu Kanker Usus Besar dan Apakah Berbahaya? proktoskop, adalah prosedur rawat jalan

Tes skrining yang paling umum digunakan untuk mendeteksi tumor kolorektal lanjut adalah kolonoskopi. Selama prosedur rawat jalan rutin ini, dokter Anda akan memeriksa usus besar dan saluran pencernaan bagian atas dengan tabung panjang, sempit, ringan dengan kamera video dan alat di ujung lainnya.

Pada tahap awal penyakit, biasanya ditemukan polip kecil yang tidak berbahaya. Seiring perkembangan penyakit, pertumbuhan polip dapat berkembang menjadi tumor. Jika tidak diangkat, dapat membesar dan menyebabkan kanker. Jika polip tumbuh besar dan menyebabkan penyumbatan, hal ini juga dapat menyebabkan tumbuhnya kanker.

Operasi pengangkatan polip digunakan untuk mengangkat polip dan mencegah pertumbuhan kanker. Tindakan ini biasanya anestesi umum, meskipun dapat diberikan sedasi jika diperlukan.

Jenis pembedahan yang paling umum dikenal sebagai proktoskopi atau lumpektomi. Prosedur ini menggunakan tabung panjang dan sempit untuk menghilangkan polip dari lapisan usus besar. Sayatan kecil dibuat di area anus dan usus besar serta polip diangkat.

Bedah kolorektal, seperti lumpektomi dan proktoskop, adalah prosedur rawat jalan, yang berarti Anda dapat kembali ke rumah pada hari prosedur. Anda mungkin perlu istirahat di tempat tidur selama beberapa hari untuk pulih, tetapi akan segera kembali bekerja. Waktu pemulihan biasanya dua hingga tiga hari.

Seperti halnya pilihan pengobatan kanker usus besar invasif, terdapat risiko komplikasi. Namun, ini jarang terjadi pada kanker kolorektal, dan risikonya lebih rendah dibandingkan dengan jenis kanker lainnya.

Komplikasi operasi yang lebih mungkin adalah ulkus berdarah.

Apa itu Kanker Usus Besar dan Apakah Berbahaya? empat minggu

Ini terjadi ketika ulkus berkembang di daerah tempat polip diangkat. Jika maag tidak segera diobati, dapat menyebabkan kanker.

Pembedahan untuk menghilangkan polip kolorektal sering kali merupakan pilihan terakhir, terutama jika pasien tidak memiliki alternatif lain. Namun, jika Anda didiagnosis menderita kanker kolorektal, Anda sangat disarankan untuk menjalani kolonoskopi dan jika kondisinya tidak merespons dengan pembedahan, penting untuk melakukan perawatan untuk mencegah perkembangan lebih lanjut. Jika kolostomi bukanlah pilihan, maka operasi kanker kolorektal adalah pilihan.

Salah satu risiko potensial yang terjadi setelah operasi adalah tubuh mungkin tidak dapat menyerap jumlah cairan yang dibutuhkan agar berfungsi dengan baik. Jika ini masalahnya, maka Anda mungkin mengalami demam tinggi atau bahkan syok. Gejala ini akan mereda setelah satu hingga dua hari, dan kemudian dokter Anda akan menyarankan Anda untuk minum banyak cairan dan terus makan.

Anda akan diinstruksikan untuk menjauhi obat apa pun sampai operasi Anda selesai. Dalam kebanyakan kasus, akan timbul bengkak dan memar. Anda akan disarankan untuk menghindari pengobatan rutin Anda setidaknya selama empat minggu dan sangat penting bahwa Anda makan makanan yang kaya serat.

Kolonoskopi adalah bentuk bedah kolorektal yang sangat efektif. Meskipun mungkin tidak menyembuhkan kanker, ini dapat membantu dokter menentukan penyebabnya dan memberinya gambaran yang lebih baik tentang cara mengobatinya. Anda akan menjalani diet rendah garam untuk menggantikan cairan yang hilang dari tubuh Anda dan membantu mencegah penyebaran sel kanker lebih lanjut.

Tidak perlu khawatir dengan efek samping dari operasi kanker usus besar. Namun, ada kemungkinan Anda mengalami nyeri setelah operasi, tetapi ini jarang terjadi dan bersifat sementara dan akan mereda dalam satu atau dua minggu.

Dalam hal kanker usus besar, pencegahan selalu menjadi cara terbaik. Pastikan untuk melihat diet harian Anda secara menyeluruh, berolahraga secara teratur, dan mengikuti diet ketat untuk mencegah kanker kolorektal terulang kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *