Site Overlay

Apa Buta Warna Anda?

Empat tipe utama buta warna adalah tiga tipe dasar kehilangan penglihatan warna, biru, hijau, dan merah.

Apa Buta Warna Anda? untuk melakukannya

Istilah untuk suatu kondisi dimana seseorang hanya dapat membedakan corak cahaya tertentu disebut trikromasi, disebut juga trikromatopsia, trikromatosis, trikromatosis, dan trikromatopsi.

S-cone ringan atau lemah atau s-cone yang tidak lengkap (kerucut gelombang pendek) di makula mata adalah kondisi langka yang masing-masing dikenal sebagai Trichromatopsia atau Trichromatopia. Juga dikenal sebagai trikromatisme, trikromatopsia mempengaruhi sekitar 5% populasi tetapi biasanya hanya didiagnosis pada orang dewasa. Buta warna biru-kuning tidak ada atau kerucut s lebih lemah, dan memengaruhi lebih dari tiga persen populasi.

Buta warna bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada yang turun-temurun, sedangkan yang lain disebabkan oleh kerusakan mata. Kerusakan ringan pada retina (lapisan tepat di atas iris tempat bayangan terbentuk) dan degenerasi makula dapat menyebabkan hilangnya warna yang signifikan. Faktanya, orang dengan degenerasi makula mungkin kehilangan kemampuan untuk membedakan warna dan mungkin tidak dapat membedakan antara warna abu-abu atau kuning.

Buta warna lebih mungkin terjadi pada individu dengan kecenderungan genetik untuk itu. Orang dengan buta warna merah-hijau tiga kali lebih mungkin menderita trikromatopsia dibandingkan dengan orang dengan susunan genetik dominan yang biasanya buta warna.

Seseorang dengan buta warna trikromatik dapat membedakan rona cahaya tertentu, tetapi tidak dapat membedakan rona berbeda dari bayangan cahaya yang sama. Jika seseorang dengan trikromatopsia mencoba membaca sebuah kata, mereka akan membaca setiap huruf dalam kata tersebut hanya sebagai corak cahaya yang berbeda dan bukan sebagai bayangan cahaya seperti yang terlihat di mata orang tersebut.

Buta warna dapat didiagnosis melalui jenis pemeriksaan mata khusus yang disebut pemeriksaan ophthalmoplegic. Jenis tes ini akan memeriksa kerusakan pada kornea dan retina mata dan kemudian akan menentukan apakah individu tersebut memiliki trikromatopsia atau trikromatopia.

Kebanyakan trikromatopsik mengalami ‘kehilangan penglihatan warna’ tetapi biasanya jauh lebih intens daripada yang dialami oleh orang yang buta warna, dan beberapa trikromatopsik bahkan tidak dapat membedakan antara corak kuning. Orang-orang ini sering kali perlu menggunakan lensa khusus untuk melihat bayangan kuning, hijau, dan biru cahaya.

Buta warna biru-kuning adalah bentuk trikromatopsia yang paling umum.

Apa Buta Warna Anda? dihasilkan oleh

Ini disebut “penglihatan normal” karena orang dengan trikromatopsia tidak mengalami gangguan penglihatan di luar kemampuan untuk membedakan bayangan cahaya tertentu. Bentuk trikromatopsia ini adalah yang paling umum di antara individu buta warna dan paling sulit diobati.

Trikromatopsia adalah bentuk buta warna paling umum kedua. Hal ini dapat disebabkan oleh kekurangan gen tertentu dan ditandai dengan ketidakmampuan untuk membedakan warna yang dihasilkan oleh mata (fotopik) atau tidak adanya cahaya di mata (retopik).

Jenis kebutaan warna yang ketiga disebut “Metropthalmosochromatosis”. Ini adalah kondisi dimana seseorang mengalami kondisi dimana otak gagal mengenali adanya warna tertentu di retina. Kondisi ini diturunkan secara genetik, tetapi hanya mempengaruhi individu dengan satu atau dua salinan gen.

Dalam ketiga bentuk trikromatopsia, penderita trikromatopsia tidak dapat membedakan antara cahaya dan bayangan. Tidak ada perbedaan dalam penglihatan mereka antara cahaya dan bayangan, tetapi mereka tetap harus dapat melihat setiap rona cahaya.

Jenis trikromatopsia keempat, yang disebut “buta warna merah-hijau”, adalah kelainan yang paling umum terjadi pada pria paruh baya. Hal ini ditandai dengan kurangnya persepsi warna pada komponen spektrum merah dan hijau. Pria yang menderita bentuk trikromatopsia ini kesulitan melihat perbedaan kecerahan, kontras, dan kroma.

Buta warna dapat mempersulit hidup mereka yang buta warna dan menyebabkan sejumlah masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penting untuk mengidentifikasi jenis buta warna untuk memahami bagaimana Anda dapat dibantu. Ada program yang tersedia untuk membantu individu menyesuaikan diri dengan dunia baru buta warna mereka, tetapi untuk melakukannya, Anda harus dapat mengidentifikasi bentuk buta warna mana yang Anda derita. dan langkah apa yang harus diambil untuk mengobatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *