Site Overlay

Tanda-tanda Kanker Payudara – Jangan Abaikan Ini

Tanda-tanda kanker payudara bisa berkisar dari yang ringan sampai yang parah.

Tanda-tanda Kanker Payudara - Jangan Abaikan Ini kulit di

Namun, dalam beberapa kasus, seorang wanita mungkin tidak mengalami tanda-tanda sama sekali dan mungkin tidak pernah menyadari bahwa dia mengidap kanker. Jika Anda mengalami tanda-tanda kanker payudara dan kesulitan menentukan apakah hal itu terkait dengan kondisi tersebut, Anda mungkin ingin segera memeriksakannya ke dokter. Berikut ini beberapa yang lebih umum.

Perubahan tiba-tiba dan abnormal pada bentuk atau ukuran salah satu atau kedua payudara. Beberapa wanita mengalami benjolan atau benjolan payudara yang terasa sangat berbeda dari jaringan payudara lainnya. Dalam kasus lain, ukuran benjolan dapat berfluktuasi dari yang kecil hingga yang besar. Jika benjolan atau benjolan tidak berubah seiring waktu, kemungkinan tidak ada yang perlu dikhawatirkan tetapi jika berubah secara teratur, itu mungkin merupakan tanda awal kanker.

Tanda lain yang harus diperhatikan adalah bentuk abnormal kulit di sekitar puting atau payudara. Seringkali, kulit di sekitar puting menjadi lembut, bengkak, dan merah, yang merupakan pertanda baik bahwa sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi.

Nyeri atau nyeri payudara adalah tanda lain yang harus diwaspadai. Terkadang, rasa sakit ini bisa dirasakan tepat di bawah puting dan bisa meluas ke ketiak. Jika Anda mengalami nyeri seperti ini, penting untuk segera menghubungi dokter untuk meminta nasihat.

Jika terdapat nyeri di area puting, kemungkinan itu pertanda ada kanker di area tersebut. Namun, penting untuk diingat bahwa tanda kecil atau nyeri pada payudara dapat mengindikasikan banyak hal, termasuk kanker payudara. Anda sebaiknya menemui dokter jika merasa penyakit Anda sudah stadium lanjut.

Setiap benjolan atau benjolan di payudara yang tidak putih atau merah muda terang harus dievaluasi oleh dokter Anda. Terkadang, benjolan di payudara bisa jadi merupakan cairan yang terkumpul di dalam tubuh yang sulit dikeluarkan. Namun, di lain waktu, benjolan bisa menjadi kanker.

Tanda-tanda Kanker Payudara - Jangan Abaikan Ini Jika benjolan atau benjolan tidak

atau berisi cairan yang dapat menyebar ke kelenjar getah bening atau ke bagian tubuh lainnya.

Jika Anda merasakan beberapa jenis kotoran dari benjolan tersebut, penting untuk memeriksanya secara menyeluruh. Karena kanker dapat menyebar melalui sistem limfatik, beberapa jenis cairan dapat bersifat kanker. Namun, dalam banyak kasus, cairan dari kelenjar tidak bersifat kanker melainkan jinak. Namun, jika baunya tidak enak, penting untuk memeriksanya untuk mengetahui lebih banyak tanda kanker.

Kulit di sekitar puting dan area payudara lainnya mungkin terasa sangat kencang. Kadang-kadang, mungkin terasa seperti area tersebut lembek atau seolah-olah area tersebut terjepit. Ini adalah tanda yang umum, terutama jika muncul tanpa alasan selain fakta bahwa area tersebut sangat sensitif untuk disentuh.

Perubahan bentuk atau ukuran payudara juga bisa menandakan kanker. Jika payudara kehilangan volumenya dan terlihat lebih kecil, mungkin karena kulit di sekitar payudara berubah. Ini juga merupakan tanda umum kanker payudara, jadi penting untuk menemui dokter Anda tentang perubahan yang tidak biasa pada penampilan atau ukuran payudara.

Payudara Anda mungkin terasa keras saat diremas. Jaringan di area ini mungkin lebih sulit dihilangkan. Jika ternyata Anda tidak dapat mengeluarkan ASI sebanyak biasanya, ini bisa menjadi tanda kanker juga.

Tekstur kulit pada payudara mungkin berbeda. Jika kulit lebih keras dari biasanya, penting untuk memeriksa area tersebut dan memastikan tidak berdarah. Pendarahan adalah gejala lain dari kanker payudara, dan penting untuk segera menemui dokter untuk mendapatkan nasihat.

Perubahan apa pun pada kulit di sekitar puting dan payudara mungkin menandakan area tersebut memiliki banyak cairan. Selain mencari perubahan tekstur, cairan ini mungkin saja berasal dari bagian tubuh yang berbeda. Jika Anda merasakan rasa atau bau yang aneh pada susu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *