Site Overlay

Perawatan Cerumen

Cerumen, kadang-kadang disebut dengan nama medisnya cerumen oklusif, adalah bahan lilin bening dan tembus cahaya yang disekresikan dari telinga bagian dalam kebanyakan mamalia dan manusia.

Perawatan Cerumen termasuk kebersihan

Ini membantu dalam membersihkan, melumasi, dan melindungi telinga bagian dalam, membantu mengeringkan, dan memberikan perlindungan pada kulit sensitif di sekitar telinga luar. Ini ditemukan di telinga kebanyakan orang di beberapa titik selama hidup mereka, tetapi ada sejumlah kecil yang mungkin tidak keluar. Sekresi kotoran telinga yang tidak keluar bisa sulit dibersihkan, itulah sebabnya Anda mungkin memiliki beberapa jenis penumpukan serumen di saluran telinga Anda.

Telinga kering terjadi jika lendir di telinga tidak mengalir dengan baik. Ketika ini terjadi, uap air terperangkap di dalam telinga bagian dalam dan kemudian jaringan tidak dapat mengalir dengan baik. Akibatnya, kotoran telinga mulai menumpuk dan membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk jika orang tersebut tidak merawat telinganya dengan benar dan gagal membilas dengan benar setelah mencuci dan memakai penutup telinga.

Cerumen bisa berkembang menjadi keratitis, infeksi pada telinga bagian dalam, jika tidak dirawat dengan baik. Infeksi terjadi ketika ada pertumbuhan berlebih bakteri di telinga. Selain menjadi kondisi yang sangat menyakitkan, juga dapat merusak mekanisme pendengaran orang yang mengalaminya.

Untungnya, pembersihan telinga yang tepat adalah salah satu cara untuk mencegah kondisi tersebut, sekaligus menjaga kebersihan telinga. Ini akan melibatkan perawatan telinga yang tepat dengan membersihkannya secara lembut dengan sikat lembut setiap hari. Mungkin juga bermanfaat untuk menggunakan alat irigasi telinga saat mandi, yang membantu menghilangkan kotoran telinga berlebih dan kotoran yang terkumpul di telinga, serta membersihkan saluran telinga.

Anda dapat menggunakan produk yang dijual bebas untuk membantu membersihkan telinga Anda. Ada banyak jenis yang bisa dipilih, termasuk tetes, pelega tenggorokan, tetes, sirup, atau bubuk yang membantu mengendurkan lilin berlebih.

Perawatan Cerumen nama medisnya cerumen oklusif, adalah

Mereka juga dapat membantu mengurangi tekanan pada kulit sensitif di sekitar telinga dan sinus, yang dapat membantu meningkatkan drainase.

Jika kondisinya cukup parah, Anda mungkin ingin menggunakan obat homeopati untuk membantu Anda menyingkirkan masalah tersebut. Berbagai tumbuhan dapat digunakan untuk tujuan ini, termasuk adas perak, belut, hyoscyamus, dan lycium. yang bekerja dalam proses dua langkah untuk membantu menghilangkan serumen dan mencegahnya berkembang menjadi penebalan dan penyumbatan di telinga Anda.

Tumbuhan ini akan membantu meningkatkan produksi air liur di telinga, yang membantu melembabkan area tersebut dan membantu menghilangkan penebalan serumen. Lycium dan hyoscyamus dapat membantu melonggarkan serumen dan membunuh bakteri penyebab kondisi tersebut, sedangkan adas perak dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan penumpukan.

Meskipun mungkin sulit untuk menggunakan produk semacam itu di malam hari, yang terbaik adalah menggunakannya di siang hari saat Anda tidur. Jamu akan larut dalam cairan hangat yang diproduksi tubuh saat Anda tidur, yang akan membantu membuang lilin dan kotoran yang menghalangi saluran. Sebaiknya lakukan ini beberapa kali setiap hari untuk hasil terbaik.

Bentuk pengobatan umum lainnya untuk kondisi ini melibatkan penggunaan panas. Panas yang dioleskan ke telinga, kepala, dan kulit kepala, dikombinasikan dengan perawatan lainnya, dapat membantu melonggarkan timbunan kotoran yang dapat menyebabkan serumen mengeras dan menempel di telinga. Anda dapat menggunakan terapi panas ini dengan meletakkan bantal pemanas di atas kepala, atau dengan meletakkan handuk panas di atas telinga.

Perawatan lain termasuk kebersihan mulut yang baik dan teknik pembersihan dan irigasi yang benar. Alat irigasi telinga dapat membantu menjaga kebersihan telinga, dan dapat membantu mencegah infeksi dengan membunuh bakteri penyebab infeksi dan mengeringkan area tersebut. Meskipun tidak banyak obat yang tersedia, Anda harus menghindari penggunaan steroid dan antibiotik untuk perawatan Anda.

Karena ada sejumlah opsi yang tersedia, Anda perlu mempertimbangkan semua opsi dengan cermat. Namun, jika Anda meluangkan waktu untuk memeriksa semua opsi Anda, kemungkinan besar Anda akan dapat menemukan sesuatu yang bekerja dengan baik untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *