Site Overlay

Memahami Tanda-tanda Gangguan Buatan

Gangguan buatan adalah penyakit mental yang sangat serius di mana seseorang dengan sengaja membuat dirinya sakit, dengan melukai diri sendiri secara fisik atau dengan membuat dirinya tampak sakit. Jenis gangguan buatan yang paling umum melibatkan orang-orang yang berusaha berpura-pura terluka atau sekarat untuk mendapatkan perhatian medis. Tanda-tanda gangguan buatan dapat berkisar dari gejala yang halus (sedikit dibesar-besarkan) hingga sangat parah (sering disebut sebagai sindrom Munchausen.)

Meskipun mungkin untuk mengembangkan kelainan ini bahkan tanpa menyadarinya, banyak orang mengetahui tanda-tanda apa yang harus dicari untuk mendeteksi kondisi buatan dan menghindari mengembangkannya. Berikut lima tanda terpenting yang perlu Anda waspadai.

o Reaksi orang-orang terhadap Anda – Jika anak atau pasangan Anda mengalami kondisi ini, kemungkinan besar mereka telah mengembangkan kemampuan untuk mengubah reaksi orang lain terhadap mereka. Kemampuan mereka untuk mengubah reaksi orang lain adalah tanda bahwa mereka pada tingkat tertentu menderita kelainan ini. Orang yang mencoba memalsukan penyakit akan sering menggunakan keterampilan ini untuk membuatnya terlihat baik-baik saja. Jika kondisinya parah, hal ini sering kali disertai gejala fisik seperti pusing dan hilang keseimbangan.

o Perasaan bersalah – Ini adalah perasaan yang sangat tidak nyaman dan sering dikaitkan dengan orang-orang dengan kondisi buatan. Faktanya, orang yang menderita kondisi ini seringkali memiliki perasaan bersalah dan seringkali berusaha meyakinkan orang lain bahwa mereka memang sakit padahal sebenarnya tidak.

o Perasaan bahwa mereka tidak sesehat yang mereka rasakan – Banyak orang yang menderita kondisi buatan merasa bahwa mereka tidak sesehat yang seharusnya. Ada kemungkinan gejala mereka mungkin disebabkan oleh sejumlah masalah mendasar yang berbeda termasuk dehidrasi, kurang tidur, tingkat energi yang rendah, dan bahkan pola makan yang buruk.

o Tanda-tanda bahwa mereka mengalami penyakit fisik – Seringkali orang yang telah mengembangkan gangguan ini juga menderita rasa sakit dan ketidaknyamanan. Terkadang rasa sakit atau ketidaknyamanan ini begitu kuat sehingga orang merasa mengalami serangan jantung atau serangan asma.

o Tanda-tanda psikologis – Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi, mereka mungkin menjadi depresi dan bahkan mungkin ingin bunuh diri. Tanda-tanda ini mungkin terkait dengan kondisi buatan dan bisa juga terkait dengan gangguan mental lainnya. Namun, jika Anda curiga bahwa orang yang Anda cintai menderita kondisi buatan, Anda harus berbicara dengan seorang profesional untuk menentukan apakah dia menderita gangguan mental lainnya dan, jika ada alasan yang menurut Anda orang yang Anda cintai bertingkah cara yang tidak tepat, ambil langkah untuk mendapatkan bantuan mereka.

Meskipun ini adalah tanda paling umum yang harus Anda waspadai, masih banyak lagi. Namun, Anda perlu mengingat bahwa setiap orang pernah mengalami beberapa gejala ini.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, kelainan ini mungkin tidak diobati selama bertahun-tahun sebelum diobati. Jika demikian, gejalanya mungkin membaik, tetapi kemudian akan kembali lagi. Sangat penting untuk diingat bahwa meskipun kelainan buatan dapat diobati, satu-satunya cara untuk memastikan bahwa orang yang Anda cintai berhasil mengobati kondisinya adalah dengan menemukan penyebab yang mendasarinya.

Setelah orang yang Anda cintai didiagnosis menderita gangguan ini, Anda pasti ingin menemukan cara untuk mengubah perilakunya agar ia tidak terlalu terlibat dalam perilaku yang menyebabkan kondisi tersebut. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan teknik penguatan positif seperti pujian dan penghargaan jika mereka berperilaku tepat.

Orang yang Anda cintai juga perlu menjalani perawatan untuk gangguan buatannya. Ini berarti bahwa mereka perlu bekerja sama dengan dokter medis mereka untuk mengembangkan rencana perawatan yang menangani semua gejala mereka.

Dengan melakukan ini, Anda dapat memastikan bahwa orang yang Anda cintai dalam keadaan baik-baik saja dan mereka akan selalu dapat menjalani kehidupan normal. Ingat, tidak peduli bagaimana perasaan mereka, mereka masih hidup dan hanya menderita kelainan buatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *