Site Overlay

Gejala Tiroiditis – Apa yang Harus Diperhatikan dan Cara Mengobatinya

Tiroiditis adalah jenis peradangan dan pembengkakan tiroid. Tirotoksikosis terjadi ketika kelenjar tiroid memproduksi hormon berlebih atau kurang. Jika kondisi ini berlanjut dalam waktu lama tanpa didiagnosis, dapat menyebabkan kerusakan serius pada kelenjar.

Gejala dapat berupa kelelahan, depresi, nafsu makan meningkat, dan penurunan berat badan. Gejalanya bisa muncul tiba-tiba dan bisa hilang saat dibiarkan selama beberapa hari, tetapi jika tidak ditangani bisa mengakibatkan masalah kesehatan serius yang memerlukan perhatian medis segera.

Banyak orang tidak tahu bahwa penyebab paling umum dari tiroiditis adalah hipertiroidisme. Ketika kelenjar tiroid Anda menghasilkan lebih dari jumlah hormon tertentu, kondisi yang dikenal sebagai hipertiroidisme terjadi. Hipertiroidisme disebabkan oleh produksi hormon tiroid yang berlebihan dalam upaya untuk mengkompensasi kekurangan produksi hormon oleh tubuh. Terkadang tubuh mencoba menyembuhkan dirinya sendiri dengan meningkatkan produksi hormon, tetapi jika Anda sudah terlalu banyak memproduksi hormon, tubuh tidak punya pilihan selain menurunkan produksi. Ini menyebabkan Anda mengembangkan gejala yang menyerupai hipotiroidisme, tetapi gejala yang Anda alami seringkali berbeda.

Gejala pertama yang harus Anda perhatikan adalah kelelahan. Banyak penderita tiroiditis akan mengalami kelelahan kronis. Gejala lain termasuk: rambut rontok, jantung berdebar-debar, nyeri otot, mati rasa, kesulitan bernapas, dan perasaan sangat lemah. Jika Anda merasakan gejala ini, kemungkinan besar itu adalah tanda hipertiroidisme.

Gejala selanjutnya yang lebih umum pada penderita hipertiroidisme adalah kenaikan berat badan dan penurunan berat badan. Gejala-gejala ini sering kali disebabkan oleh peningkatan asupan makanan untuk menggantikan apa yang hilang karena produksi tiroid yang berlebihan. Mereka juga menyebabkan kelenjar melepaskan hormon berlebih, menyebabkan peningkatan buang air kecil. Gejala lain yang sering menyertai gejala tersebut adalah jerawat. Jika Anda telah mengalami gejala-gejala ini dan tidak mengira Anda menderita hipertiroidisme, segera kunjungi dokter Anda untuk diagnosis yang tepat.

Karena gejala dan kerusakan yang disebabkan oleh hipertiroidisme, beberapa dokter percaya bahwa ini adalah kondisi tiroid yang lebih serius. Dokter tidak selalu melihat gejala hipertiroidisme karena ukuran kelenjar dan letak tiroid di dalam tubuh. Kadang-kadang mereka melewatkan gejala ini dan menganggapnya sebagai hipotiroidisme. Mereka lebih sulit mengetahui jika Anda memiliki kasus hipertiroidisme karena hal itu juga dapat menyebabkan penurunan berat badan dan bahkan diabetes.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi dokter spesialis tiroiditis. Anda harus memintanya untuk melakukan tes darah lengkap untuk menyingkirkan kondisi tiroid lainnya. Gejala tiroid, yang meliputi kelelahan, depresi, dan asupan makanan yang berlebihan merupakan indikator yang baik untuk masalah tiroid yang serius. Setelah dokter Anda mengkonfirmasi hal ini, Anda mungkin ingin menemui spesialis yang menangani tiroiditis sehingga dia dapat melakukan tes lebih lanjut untuk menentukan apakah ada penyebab yang mendasari gejala-gejala ini.

Setelah didiagnosis, Anda akan segera merasa lebih baik. Anda mungkin memperhatikan gejala hipertiroidisme menjadi kurang parah dan kurang terlihat seiring berjalannya waktu. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang gejala Anda jika ada yang memburuk atau sudah lebih lama dari yang diharapkan.

Kebanyakan dokter akan meresepkan obat untuk mengatasi gejala-gejala ini, tetapi mereka tidak menangani akar penyebab gejala dan dapat menyebabkan efek samping. Pasien tiroid harus menemui dokter mereka beberapa kali sepanjang tahun untuk pemeriksaan dan evaluasi menyeluruh. Ini untuk memastikan bahwa tiroid Anda berfungsi dengan baik dan tidak ada kondisi tiroid yang mendasarinya yang berkembang.

Ada juga banyak alasan lain mengapa tiroid Anda harus diperiksa oleh dokter Anda. Ia dapat membantu menentukan pengobatan terbaik berdasarkan riwayat kesehatan dan kesehatan Anda saat ini.

Setiap orang yang menderita tiroiditis harus menemui dokter mereka untuk menentukan sumber gejala mereka dan untuk memperbaiki penyebab yang mendasarinya. Karena hipertiroidisme adalah penyakit yang dapat diobati, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menyembuhkan tiroiditis Anda. dan tahu apa yang harus dihindari untuk mencegah dan mengobati penyakit di masa mendatang. Pelajari sebanyak mungkin tentang hipertiroidisme, dan pelajari diri Anda sendiri tentang gejala tiroiditis, sehingga Anda dapat mengenali gejala awal dan mengetahui kapan gejala tersebut muncul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *