Site Overlay

Gejala Pankreatitis

Sebagian besar dari kita pernah mendengar tentang kanker pankreas, tetapi pankreatitis adalah jenis penyakit yang sedikit berbeda.

Gejala Pankreatitis kulit menguning, dan

Kanker pankreas adalah masalah yang sangat serius dan harus ditangani secepat mungkin. Namun, pankreatitis tidak memiliki keseriusan dan tingkat kematian yang sama dengan kanker pankreas. Gejala pankreatitis sangat mirip dengan gejala kanker pankreas, tetapi dalam banyak kasus tidak terlalu serius. Jika Anda mengalami gejala pankreatitis, kemungkinan besar dokter akan merekomendasikan pengujian kanker pankreas dan mengobatinya jika diagnosisnya positif.

Kanker pankreas sering dikaitkan dengan peradangan tingkat tinggi, tetapi gejala pankreatitis biasanya sangat ringan dan kemungkinan besar akan hilang dengan sendirinya. Namun, pankreatitis dapat menyebabkan komplikasi lain seperti kehilangan nyawa jika tidak diobati.

Kanker pankreas memiliki beberapa tahapan berbeda. Tahap pertama dikenal sebagai non-kanker; tahap kedua adalah yang paling berbahaya, yang dikenal sebagai ganas. Jika kanker pankreas telah menyebar ke bagian tubuh lain, itu dianggap terminal. Jika kanker belum menyebar ke daerah lain, itu dianggap non-terminal.

Peradangan pankreas terjadi karena kerusakan jaringan pankreas yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Ada faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan pankreas, termasuk kekurangan vitamin dan tumor pankreas. Beberapa penyakit, seperti diabetes, juga dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pankreas.

Gejala pankreatitis seringkali sulit dibedakan dari gejala kanker pankreas.

Gejala Pankreatitis Namun, pankreatitis dapat menyebabkan

Gejala umum pankreatitis termasuk sakit perut yang terus-menerus, mual, muntah, diare, atau keduanya, penyakit kuning (kulit menguning), darah dalam urin, dan demam. Gejala pankreatitis mungkin juga termasuk sakit perut yang parah, kram parah, kesulitan menelan, atau perasaan kenyang yang terus-menerus di perut.

Peradangan pankreas, jika tidak ditangani, dapat menyebabkan kanker pankreas jika jaringan pankreas rusak, yang menyebabkan peningkatan risiko kanker pankreas. Jadi, semakin dini gejala pankreatitis dikenali, perawatan yang lebih efektif dapat diberikan untuk memperlambat pertumbuhan tumor pankreas dan mencegahnya menyebar.

Kanker pankreas sangat jarang didiagnosis pada awal perkembangannya; Oleh karena itu, sangat penting bagi dokter untuk menentukan gejala pankreatitis secepat mungkin, sehingga pilihan pengobatan tersedia untuk memperlambat pertumbuhan tumor pankreas. Setelah kanker pankreas berkembang ke area lain di tubuh, pilihan pengobatan mungkin menjadi lebih sulit dan mungkin memerlukan pembedahan, kemoterapi, atau perawatan lain.

Jika Anda mengalami salah satu gejala pankreatitis, dokter Anda dapat menguji Anda untuk diabetes dan kondisi lainnya, dan jika Anda positif mengidap diabetes, kemungkinan besar dia akan merekomendasikan untuk mengobati gejala tersebut. Jika dokter menentukan bahwa Anda menderita kanker pankreas, pengobatan yang direkomendasikan akan bergantung pada jenis kanker pankreas dan lokasinya. Perawatan lebih dini dimulai, prognosisnya lebih baik.

Kanker pankreas dapat menyebar dari pankreas ke bagian tubuh lainnya, terutama ke hati, paru-paru, ginjal, tulang, dan otak. Jadi, pengobatan kanker harus merawat di tempat asalnya, sehingga penderita bisa cepat sembuh.

Ketika kanker pankreas menyebar ke luar pankreas, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkat sel kanker dari area lain. Pembedahan, kemoterapi, dan radiasi adalah beberapa perawatan yang digunakan untuk mengobati kanker pankreas di semua tahap.

Gejala pankreatitis lainnya mirip dengan kanker pankreas. Secara umum, Anda mungkin mengalami kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sakit perut, atau kram. Darah dalam urin dan feses, penurunan berat badan, penyakit kuning (kulit menguning, dan mata, atau demam, dan kelelahan juga dapat terjadi.

Jika Anda mengalami salah satu gejala pankreatitis, penting untuk segera menghubungi dokter Anda untuk menentukan tingkat kerusakan dan untuk merawat kondisinya, karena Anda mungkin menderita kanker pankreas. Dokter Anda dapat melakukan tes untuk menentukan apakah Anda memerlukan tes tambahan, seperti tes batu empedu atau tes HIV dan hepatitis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *