Site Overlay

Gejala Kista Ovarium – Yang Perlu Anda Ketahui

Gejala kista ovarium dapat berkisar dari ketidaknyamanan ringan hingga kondisi yang lebih serius seperti kanker.

Gejala Kista Ovarium - Yang Perlu Anda Ketahui tumbuh dan bukan kista yang

Jika Anda merasa memiliki gejala kista ovarium, penting untuk mengambil langkah yang tepat untuk mencegah atau mengobati kondisi Anda sebelum Anda menderita komplikasi lebih lanjut yang tidak perlu.

Gejala kista mungkin termasuk benjolan yang tidak nyaman di area panggul. Mereka juga bisa disertai dengan peradangan atau nyeri di area perut. Terkadang, gejala kista ovarium bahkan bisa mengakibatkan terjadinya keguguran.

Gejala kista ovarium dapat terjadi selama atau setelah siklus menstruasi normal Anda atau dalam beberapa kasus, dapat terjadi kapan saja selama sebulan. Gejala ini biasanya ringan sampai sedang dan disebabkan oleh perubahan hormonal yang berhubungan dengan pubertas. Mereka seringkali sangat tidak menyenangkan dan mengganggu kualitas hidup seseorang. Jika Anda mengalami gejala kista ovarium dan tidak yakin mengapa itu terjadi, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk meringankan gejala Anda untuk mencegah terjadinya komplikasi yang berpotensi berbahaya.

Gejala kista ovarium yang paling umum adalah benjolan yang tidak nyaman di daerah panggul. Namun, gejala ini paling sering disebabkan oleh kista yang sedang tumbuh dan bukan kista yang sudah menyebabkan ketidaknyamanan. Faktanya, banyak gejala kista ovarium disebabkan oleh keberadaan kista, yang umumnya tidak berbahaya. Banyak gejala kista ovarium tidak berbahaya, tidak bersifat kanker, dan tidak menimbulkan komplikasi apa pun.

Ketika seorang wanita mengalami kista yang tidak menimbulkan rasa sakit, ini sering disebut sebagai gejala kista ovarium. Kista tanpa rasa sakit dapat terjadi di mana saja di sepanjang bagian luar ovarium dan seringkali dapat ditemukan di pintu masuk ke vagina. Kista tanpa rasa sakit terkadang bisa berukuran cukup besar dan bahkan bisa tumbuh seukuran jeruk bali atau bahkan apel. Jika gejala kista ovarium disebabkan oleh kista yang sedang tumbuh atau kista yang menyebabkan nyeri, gejalanya bisa jauh lebih parah dan harus segera ditangani.

Saat kista tumbuh, mungkin ada benjolan atau massa yang terlihat di dekat kista. Terkadang, benjolan lebih besar dari kista itu sendiri.

Gejala Kista Ovarium - Yang Perlu Anda Ketahui Jika kista Anda besar dan

Benjolan ini bisa menjadi sangat tidak nyaman dan menghasilkan rasa sakit atau gatal yang hebat. Kista mungkin tidak terasa nyeri tetapi jika tidak ditangani dapat menyebabkan infeksi.

Karena gejala kista dapat disebabkan oleh kista, sering disalahartikan sebagai kanker. Namun, jika kista ovarium menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, kista tersebut mungkin bukan kanker. Secara umum, gejala kanker ovarium termasuk rasa sakit yang tiba-tiba dan hebat serta pendarahan yang tidak normal.

Jika Anda sedang hamil, Anda harus segera mencari perawatan medis untuk gejala kanker ovarium. Benjolan atau massa di area panggul akan menjadi salah satu perhatian pertama Anda. Jika kista Anda besar dan terlihat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Benjolan atau massa bisa menjadi salah satu dari beberapa kemungkinan penyebab.

Salah satu gejala terbesar dari benjolan atau massa adalah nyeri. Kista tanpa rasa sakit juga bisa sangat menyakitkan, terutama saat berhubungan. Kadang-kadang, rasa sakitnya begitu ekstrim sehingga wanita tersebut tidak buang air besar atau mengalami rasa sakit saat berhubungan. Ada beberapa kemungkinan penyebab nyeri, termasuk infeksi kista, ketidakteraturan ovulasi, ketidakseimbangan hormon, dan kondisi lainnya.

Beberapa wanita melaporkan bercak setelah mengalami gejala kista ovarium. Ini adalah kejadian normal, yang biasanya terjadi ketika kista ovarium pecah dan cairan terbentuk di panggul. Bercak bisa mengindikasikan infeksi serius.

Jenis gejala kista ovarium lainnya adalah bercak yang tidak disertai rasa nyeri. Ini sering disebut hiperandrogenisme ovarium dan biasanya disebabkan oleh tumor.

Nyeri biasanya dirasakan di perut bagian atas atau punggung bawah dan bisa disertai dengan kembung, mual, dan muntah. Rasa sakit juga bisa berada di payudara atau di bawah payudara dan terasa mirip dengan perasaan yang terjadi setelah buang air besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *