Site Overlay

Bisakah Endo Menjadi Penyebab Infertilitas?

Hiperplasia endometrium, atau disebut sebagai hiperplasia jaringan endometrium (ETH), terjadi ketika jaringan dari lapisan rahim Anda, yang disebut jaringan endometrium, berada di luar tempat normalnya, di mana seharusnya tidak.

Bisakah Endo Menjadi Penyebab Infertilitas? beberapa minggu setelah memulai perawatan

Jaringan dapat menempel pada bagian lain tubuh Anda termasuk limpa, paru-paru, usus, kandung kemih, rektum, dan bahkan usus besar. Banyak wanita mengalami kondisi ini selama kehamilan dan dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PRP) pada janin dan wanita.

Apa penyebab endo? Wanita dapat mengembangkan endo pada usia berapa pun. Beberapa cenderung secara genetik, sementara yang lain mengembangkan endo karena kondisi yang berbeda. Ini paling sering terjadi pada wanita yang sudah melewati tahap menopause, tetapi juga mungkin untuk mendapatkannya di kemudian hari. Meskipun dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan endo, banyak faktor seperti kehamilan, usia, riwayat kesehatan keluarga, dan perubahan hormonal yang semuanya mungkin berperan.

Apa sajakah kondisi yang dapat menyebabkan endo? Salah satu kondisi tersebut adalah kista ovarium. Kista di ovarium dapat berkembang menjadi jaringan endometrium, yang dapat menyebabkan penyakit radang panggul.

Bisakah Endo Menjadi Penyebab Infertilitas? persis apa

Kondisi lain yang dapat menyebabkan endo termasuk peradangan kronis pada saluran reproduksi bagian bawah, obstruksi tuba, tumor, infeksi rahim, dan multiple myeloma.

Bagaimana endo mempengaruhi kehamilan? Kondisi ini, meski jarang, bisa menyebabkan rasa sakit selama atau setelah kehamilan. Dalam kasus ekstrim, dokter bahkan dapat menginduksi persalinan untuk mencegah kerusakan tambahan pada sistem reproduksi atau bahkan janin. Jika Anda mengalami endo yang parah, Anda harus segera menghubungi dokter.

Bisakah endo mempengaruhi infertilitas? Endo juga bisa menjadi tanda penyakit radang panggul. Jika Anda mengalami masalah hamil, bicarakan dengan dokter Anda tentang kondisi ini. Dokter Anda bahkan mungkin merekomendasikan operasi jika endo menjadi terlalu parah untuk ditangani.

Apa saja gejalanya? Gejala endo meliputi nyeri panggul, kram, pendarahan, pendarahan hebat, dan pendarahan abnormal selama siklus menstruasi. Saat aliran darah meningkat, Anda mungkin juga melihat keluarnya cairan berwarna putih, abu-abu, atau kehijauan.

Bisakah Endo Menjadi Penyebab Infertilitas? kram, pendarahan, pendarahan hebat, dan

Meskipun kebanyakan wanita tidak mengalami gejala, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin mengalami pendarahan di antara periode menstruasi Anda.

Adakah obat alami untuk endo? Untungnya, ada solusi alami untuk endo yang tersedia. Salah satunya adalah krim topikal yang dioleskan langsung ke area yang terkena. Pilihan lainnya adalah obat bebas yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi rasa sakit, serta membantu mencegah perkembangan kondisi di masa mendatang. Kebanyakan wanita mengalami kelegaan dalam beberapa minggu setelah memulai perawatan, tanpa perawatan yang diperlukan.

Apakah ada risiko yang terlibat dengan endo? Tidak ada hubungan yang jelas antara endo dan kanker, tetapi diketahui turun-temurun. Jika Anda telah didiagnosis dengan hiperplasia jaringan endometrium atau kondisi lain yang dapat menyebabkan radang panggul, dokter Anda mungkin meresepkan antibiotik untuk mengobati penyebabnya dan bukan gejalanya.

Bisakah endo digunakan sebagai pengobatan alami untuk infertilitas? Ini tidak mungkin, tetapi banyak wanita mengalami kehamilan dengan endo sebagai pengobatan alami untuk infertilitas.

Apakah endo menyebabkan komplikasi pada kista ovarium? Endo dapat memperburuk kista atau menyebabkannya menyusut, jadi penting untuk mendiskusikan kemungkinan efek sampingnya dengan dokter Anda.

Apakah endo merupakan penyebab infertilitas? Secara umum, endo bukanlah penyebab kemandulan.

Jika Anda mengalami kesulitan hamil, temui dokter Anda dan cari tahu pilihan apa yang tersedia untuk Anda. Ia mungkin dapat membantu Anda hamil bahkan dengan endo, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan radang panggul, nyeri panggul, atau pendarahan hebat selama periode bulanan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *