Site Overlay

Apa Pengobatan Terbaik untuk Epidermolisis Bulosa?

Epidermolisis Bulosa adalah kelompok kelainan genetik unik yang menyebabkan kulit sangat rapuh dan mudah rusak

Biasanya, kulit akan melepuh akibat gesekan atau garukan, kontak langsung dengan panas, dingin, gesekan, bahkan luka kecil. Luka tusukan kecil ini, sering muncul sebagai koreng, merupakan indikasi hilangnya kolagen dan elastin di epidermis.

Lepuh seringkali merupakan tanda pertama penyakit, tetapi banyak di antaranya tidak akan membahayakan. Namun, ini bisa sangat menyakitkan bagi pasien. Cara paling umum bagi pasien dengan penyakit ini untuk mendapatkan lepuh adalah dengan memetik atau menggaruk lepuh. Akibatnya, mereka sering dapat menyebabkan jaringan parut yang parah.

Ketika sel-sel kulit terluka, mereka mulai kehilangan elastisitas dan kemampuannya untuk membentuk kolagen dan elastin, yang merupakan dua protein kunci di lapisan luar pelindung epidermis. Kulit bisa menjadi tipis dan bersisik, yang menyebabkan tampilan penuaan secara keseluruhan.

Salah satu penyebab kerusakan kulit dapat terjadi adalah karena rusaknya jaringan epitel yang melapisi bagian dalam mata. Mungkin juga folikel rambut terpengaruh, menyebabkan jaringan parut yang parah. Penipisan epidermis dan peningkatan hilangnya elastisitas juga mungkin terjadi.

Terkadang, penyakit itu sendiri juga dapat menyebabkan hal ini terjadi. Sayangnya, tidak ada pengobatan tunggal untuk sebagian besar kasus. Perawatan untuk sebagian besar pasien biasanya akan melibatkan penggunaan krim topikal dan menjaga agar area tersebut tetap lembap.

Tergantung pada tingkat keparahan kondisinya, perawatan yang berbeda dapat digunakan. Beberapa dokter mungkin memilih prosedur bedah untuk menghilangkan lepuh, yang juga dapat menyebabkan jaringan parut permanen. Dalam beberapa kasus, suntikan obat khusus mungkin diperlukan untuk mengurangi jaringan parut.

Beberapa bentuk penyakit akan memerlukan pembedahan pada kasus yang lebih parah. Dalam kasus seperti itu, pasien mungkin juga perlu menerima suplemen vitamin E untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada kulit mereka.

Terapi epidermis adalah pilihan pengobatan yang telah terbukti mengurangi lecet dan meningkatkan kemungkinan jaringan parut. Metode ini menggunakan pengelupasan kulit dan aplikasi vitamin dan nutrisi untuk mengurangi munculnya jaringan parut.

Sementara keberhasilan perawatan ini akan bervariasi, mereka telah berhasil bagi banyak pasien. Penting bagi Anda untuk mendiskusikan obat apa pun yang Anda minum dengan dokter atau dokter kulit sebelum menerapkannya.

Perawatan juga dapat ditemukan di konter. Misalnya, aplikasi harian krim topikal yang mengandung Retin-A dapat membantu mengurangi tampilan permukaan kulit, sehingga membantu mengurangi munculnya jaringan parut.

Beberapa kasus penyakit yang parah bahkan mungkin perlu diobati dengan melakukan operasi. Dalam kasus ini, dokter akan sering menggunakan laser untuk mengangkat daerah yang terkena.

Jika Anda memiliki kondisi mata yang menyebabkan kulit mengering, pembedahan mungkin diperlukan untuk membantu membuat mata lebih kenyal dan lebih mampu menyembuhkan. Bagi sebagian orang, prosedur yang dikenal sebagai laser keratomileusis dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Kondisi kulit lain yang mungkin memerlukan pembedahan termasuk psoriasis dan eksim. Untuk informasi lebih lanjut tentang psoriasis, lihat HandalDok. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan prosedur mana yang paling efektif dalam kasus Anda.

Dokter Anda akan menentukan berapa banyak kulit yang perlu Anda buang dan di lokasi mana. Mereka juga akan dapat memberikan daftar semua obat yang harus Anda hindari saat menjalani prosedur.

Sebelum memilih jenis perawatan kulit apa pun untuk kulit Anda, Anda harus memastikan bahwa itu adalah perawatan yang tepat untuk jenis kondisi yang Anda miliki. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda dan periksa dengan apoteker setempat Anda untuk bahan-bahan yang sesuai.

Ketika datang untuk merawat kulit Anda, langkah pertama dalam proses ini adalah memastikan bahwa Anda menggunakan berbagai metode untuk membantu menyembuhkan kondisi Anda. Dokter Anda akan memiliki pengetahuan untuk menentukan mana dari berbagai metode yang tepat untuk kondisi spesifik Anda.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *